Type something and hit enter

ads here
On

Salah satu hal yang dipertimbangkan ketika mengambil tes IELTS selain jenis soal bahasa inggris adalah kemampuan menulis esai. Dalam hal menulis esai, ada dua masalah yang sering muncul; jumlah kata terlalu rendah atau terlalu tinggi untuk rentang esai yang dinyatakan. 

Tips Efektif Mengurangi Jumlah Kata Dalam Esai Bahasa Inggris

Bagi mereka yang selalu berakhir dengan terlalu sedikit kata, Anda perlu mencari cara untuk meningkatkan jumlah kata esai Anda. Bagi mereka yang sering menemukan terlalu banyak kata di halaman, ada beberapa langkah sederhana yang harus diambil saat mengedit untuk membantu mengurangi jumlah kata sekaligus membuatnya menjadi tulisan yang lebih kuat. Di bawah ini adalah beberapa saran untuk melakukannya.

1. Menilai Argumen Anda Sendiri

Jika ternyata jumlah kata Anda jauh di atas jumlah kata maksimal, langkah pertama adalah menentukan peringkat poin yang Anda gunakan untuk memperkuat argumen Anda. Dengan memberi peringkat pada pentingnya argumen yang Anda buat dalam esai, Anda dapat menghilangkan argumen yang tidak sepenting yang lain, menjaga esai tetap kuat sambil menghapus sebagian besar tulisan. Jika Anda tidak ingin menghilangkan poin apa pun, Anda masih dapat mengurangi jumlah kata dengan menyebutkan semua argumen, tetapi tidak menulis terlalu detail tentang yang tidak sekuat poin yang lebih penting.

2. Fokus pada Poin Utama

Setelah Anda menentukan argumen penting apa untuk esai Anda, bacalah dengan cermat untuk mencari paragraf atau kalimat yang gagal menjawab argumen atau topik utama Anda. Semakin Anda fokus pada topik dan argumen Anda, semakin ringkas tulisan Anda.

3. Gunakan Kata Kerja Terbaik

Selain latihan soal bahasa inggris. Kamu juga perlu berlatih saat menulis, selalu gunakan kata kerja sempurna daripada kata kerja yang mendekati, tetapi tidak sempurna. Saat Anda menggunakan kata kerja terbaik, ini akan mengurangi jumlah penulisan yang Anda lakukan dalam banyak kasus. 

4. Hapus Kata keterangan

Periksa esai Anda dan lihat apakah Anda menemukan kata keterangan, terutama kata keterangan yang memiliki akhiran “ly”. Dalam banyak kasus, kata keterangan ini akhirnya menjadi kata pengisi yang akhirnya ditempatkan dalam tulisan karena begitulah cara kita berbicara, tetapi kata-kata tersebut tidak menambahkan apa pun yang bermanfaat bagi esai yang sebenarnya. 

5. Hapus Kata Sifat

Sama seperti kata keterangan yang digunakan untuk menulis, banyak kata sifat digunakan ketika satu (atau tidak sama sekali) sudah cukup. Baca esai untuk mengetahui apakah semua kata sifat yang digunakan diperlukan, dan hapus kata sifat yang tidak menambah arti kalimat yang sedang ditulis.

Click to comment