Type something and hit enter

ads here
On
Zakat memang menjadi kewajiban setiap umat Islam sebelum merayakan hari raya Idul Fitri. Sebenarnya zakat dibagi menjadi dua yaitu zakat fitrah dan zakat mal. Zakat fitrah adalah zakat yang dilakukan setahun sekali menjelang Idul Fitri, sedangkan zakat mal merupakan Zakat harta yang dilakukan setahun sekali sesuai dengan pendapatan yang dimiliki. Mungkin kebanyakan orang masih mengetahui bahwa untuk membayar zakat harus mendatangi langsung lembaga pembayaran zakat. Namun kini dengan perkembangan teknologi bisa membayar zakat secara online karena tersedia banyak aplikasi serta kemudahan-kemudahan yang bisa dimanfaatkan. Untuk mengetahui bagaimana cara membayar zakat online serta keuntungan yang bisa didapatkan, simak ulasannya berikut ini.

Cara Melakukan Pembayaran Zakat Online

Cara Membayar Zakat Online

Seperti yang telah dijelaskan sebelumnya ada beberapa cara yang harus dilalui untuk membayar zakat secara online. Langkah-langkahnya sangat mudah, sebagaimana berikut ini:

• Langkah pertama yang harus dilakukan untuk membayar zakat online yaitu memilih pembayaran zakat yang diinginkan. Misalnya jika Anda memilih zakat profesi atau zakat mal. Yang harus anda lakukan yaitu memasukkan data penghasilan, harta dan hutang yang dimiliki sebagai dasar perhitungan zakat.

• Setelah itu secara otomatis kalkulator zakat akan menghitung total pembayaran zakat yang wajib dibayar, dengan begitu pembayar zakat akan lebih transparan lagi mengetahui informasi perhitungan zakat.

• Setelah itu masukkan data diri Anda dan klik tombol bayar, lalu lakukan pembayaran baik melalui transfer atau virtual account. Setelah proses pembayaran, Anda akan mendapatkan  email secara otomatis yang berisi notifikasi pembayaran secara resmi dari pihak baznas.

• Anda juga bisa mengunjungi website resmi baznas untuk melihat dana penyaluran zakat yang telah dibayar. Di website ini terdapat  informasi mengenai penyaluran dana zakat.

Keuntungan Membayar Zakat Online

Membayar zakat online atau infaq online dan saja banyak keuntungan yang bisa didapatkan sehingga tak heran jika kini banyak orang yang berlari untuk membayar zakat secara online Adapun berikut ini keuntungan keuntungan membayar zakat secara online

• Bisa Dilakukan Dimana Saja

Memiliki kesibukan padat menjelang lebaran memang seringkali terjadi, sehingga meluangkan waktu untuk membayar zakat saja tidak ada. Tak perlu khawatir, karena  kini anda bisa melakukan pembayaran zakat melalui online, sehingga tak perlu lagi datang ke lembaga pembayaran zakat. Apalagi jika masjid atau kantor pelayanan online jaraknya jauh dari rumah anda, tentu saja akan merepotkan. Solusi yang tepat yaitu membayar zakat secara online dengan aman.

• Lebih Aman

Melakukan pembayaran zakat secara online akan lebih aman karena privasi yang anda miliki terjaga karena nominal yang Anda bayarkan untuk zakat tidak akan diketahui orang lain bahkan data pribadi yang anda cantumkan tidak akan disalahgunakan untuk kepentingan orang yang tidak bertanggung jawab

• Nominal Tidak Terbatas

Keuntungan lainnya yaitu anda akan lebih mudah mengetahui nominal yang harus anda bayarkan apalagi jika berhubungan dengan zakat mal membayar zakat secara online anda bisa mengetahui apakah pembayaran tersebut sudah disalurkan ke pihak yang tepat

• Lebih Terpercaya

Membayar zakat secara online lebih terpercaya karena anda bisa mengetahui secara langsung nominal yang harus dibayarkan ke mana uang tersebut disalurkan untuk mengetahui semua hal tersebut Anda bisa mengeceknya di website resmi lembaga pembayaran zakat

• Mudah Dilakukan

Membayar zakat langsung ke tempat pembayaran atau masjid memang terbilang ribet apalagi menjelang lebaran pastinya banyak sekali yang mengantri. Berbeda jika anda melakukan zakat secara online, pasti akan banyak keuntungan yang bisa didapatkan. Salah satunya yaitu tidak ribet untuk dilakukan. Membayar zakat secara online Anda bisa melakukannya kapan saja dan dimana saja. Untuk membayar Anda juga tidak harus melalui bank, karena tersedia banyak channel pembayaran. Dengan memilih pembayaran zakat secara online anda tidak perlu lagi mengeluarkan banyak tenaga untuk antri apalagi jika menjelang lebaran pembayaran zakat online dilakukan banyak orang dalam satu waktu.

Itulah  cara melakukan pembayaran serta keuntungan yang bisa Anda dapatkan dengan membayar zakat secara online. Nah, daripada harus membayar zakat secara langsung yang lebih ribet, mulai lah beralih ke pembayaran online. Semoga ulasan ini bermanfaat dan selamat mencoba.

Click to comment