Type something and hit enter

ads here
On
Menjadi perantau, terutama merantau untuk mengenyam pendidikan sudah pasti membutuhkan banyak biaya. Baik untuk makan sehari-hari, sewa kost, atau biaya untuk menyelesaikan tugas-tugas kuliah. Oleh karena itu, sebagian besar anak kos membutuhkan kerja sampingan untuk pemasukan tambahan. Namun, disisi lain kegiatan perkuliahan sudah cukup menyita waktu.
Kamu anak kost yang bingung mencari usaha sampingan? Berikut usaha yang cocok dikerjakan di sela-sela kesibukanmu.

5 Usaha Sampingan Paling Cocok untuk Anak Kos-kosan

Usaha Sampingan Anak Kos


1. Jualan Pulsa

Jualan pulsa cocok sebagai usaha sampingan anak kost. Sampai saat ini pulsa menjadi kebutuhan primer bagi siapa saja. Untuk bertukar kabar dengan keluarga di kampung, membeli paket data, dan masih banyak lagi. Bisnis ini sangat menjanjikan. Teman kuliah, teman sesama kost, atau kenalan di komunitas bisa kamu tarik sebagai konsumen.

Tawarkan pulsa kepada orang-orang terdekatmu. Memang keuntungan sekali transaksi sebesar Rp. 1000,00 sampai Rp. 2000,00. Kalau kamu berhasil mendapat banyak konsumen, keuntungan yang didapat lumayan besar. Jangan lupa untuk terus memperbanyak saldo.

Selanjutnya kamu dapat mengembangkan usaha ini dengan menambah dagangan, seperti kartu perdana internet atau pulsa paket data. Usaha ini dapat dilakukan dimana saja tanpa menggangu kegiatan utama.

2. Bisnis Online

Usaha ini banyak diminati oleh anak kosan. Kamu bisa menjadi reseller atau dropshiper. Untuk menjadi reseller kamu harus membeli produk dari suplier terlebih dahulu, kemudian menjualnya kembali dengan harga yang lebih tingi. Paling tidak kamu harus punya modal sebelum menjadi reseller.

Ingin berjualan tapi tidak punya modal. Kamu bisa melakukan usaha online dengan menjadi dropshiper. Untuk menjalankan usaha ini, kamu tidak perlu membeli barang. Cukup menawarkan produk sebagai seller. Ketika ada pemesanan, prosesnya juga mudah. Kamu tinggal memesan barang tersebut kepada suplier, kemudian suplier akan mengirim barang tersebut langsung kepada pembeli.

Mudah bukan, kamu hanya perlu gadget dan koneksi internet. Di dalam bisnis ini kamu juga harus berbekal keahlian memasarkan produk. Dengan demikian bisnis kamu akan berjalan lancar dan mendapat pemasukan yang lumayan.

3. Desain Grafis

Memiliki keahlian dalam mendesain atau kamu memang mahasiswa jurusan desain grafis. Manfaatkan keahlian yang kamu miliki dengan menawarkan jasa desain grafis. Saat ini banyak perusahaan yang mencari jasa membuat logo atau mengedit foto untuk keperluan periklanan.

Usaha ini sangat menguntungkan. Biasanya satu desain logo dihargai mulai dari Rp. 300.000,00 hingga jutaan rupiah. Kamu masih bingung bagaimana cara memasarkan jasa yang akan kamu tawarkan. Ikuti komunitas-komunitas bisnis disekitar lingkunganmu.

Dari sana kamu dapat menawarkan pembuatan desain produk, video iklan, logo perusahaan, dan masih banyak lagi. Gunakan pengalaman ini sebagai portofolio. Perlahan-lahan kamu akan dikenal dan dicari-cari oleh perusahaan.

4. Fotografer

Memiliki ketertarikan dengan fotografi. Sebenarnya hobi kamu ini dapat menguntungkan. Apalagi kamu sudah memiliki peralatannya. Itu artinya kamu tinggal menjalankan usahanya saja. Biasanya fotografi satu paket dengan pembuatan video. Jika kebetulan kamu menyenangi keduanya. Kamu bisa mendapat keuntungan yang berlipat-lipat.

Jasa ini sangat dibutuhkan untuk acara ulang tahun, lamaran, pernikahan, ataupun pesta-pesta lainnya. Usaha ini dapat bergerak dalam jangka panjang. Kamu dapat mengembangkan usaha dengan membuka studio foto. Pengelaman-pengalaman kamu yang sebelumnya dapat digunakan sebagai track record. Tentu orang tidak akan ragu-ragu lagi menggunakan jasamu.

5. Guru Les

Bimbingan belajar bisa menjadi pilihan peluang usaha sampingan. Kamu dapat membagi ilmu sesuai dengan jurusan yang kamu ambil. Di kota, terutama lokasi yang dekat dengan kampus banyak dibutuhkan guru les terutama privat. Para orang tua membutuhkan guru les untuk membimbing anaknya belajar atau mengerjakan PR.

Usaha ini juga paling banyan diburu oleh anak kost, terutama pelajar. Karena modal minim dan penghasilannya lumayan. Yang paling penting dari usaha ini adalah kamu harus memegang kedisiplinan. Terus bersemangat, tidak menutup kemungkinan kamu dapat banyak panggilan untuk mengajar siswa dirumah. Jika kamu menguasai semua pelajaran eksak, itu menjadi nilai plus.
Tidak selamanya kamu sebagai anak kost selalu mengandalkan kiriman uang dari orang tua. Mulailah usahamu dari sekarang. Anggap saja ini untuk menambah pengalamanmu di dunia kerja.

Click to comment