Type something and hit enter

ads here
On
Tidak terasa sebentar lagi umat islam dunia akan menyambut hari raya Idul Fitri, dimana bersilaturahmi merupakan salah satu kegiatan yang sangat dinantikan. Kepulangan anak, saudara ataupun teman ke kampung halaman menjadi salah satu tradisi yang tidak bisa dilewatkan. Tetapi terkadang hal tersebut memerlukan keuangan yang kuat, dimana segala keperluan membludak di hari raya. Makanya sebelum saatnya tiba, ada baiknya Anda tetap melakukan upaya persiapan secara matang mulai dari sekarang. Dengan begitu, semua keuangan selama lebaran akan tetap aman bahkan sampai sesudah hari raya.

Hindari Kesalahan Merencanakan Keuangan Saat Menjelang Lebaran

Hubungan baik dengan saudara itu dimulai melakukan kunjungan, jangan sampai Anda beralasan untuk tidak hadir karena isi dompet yang pas-pasan sehingga tidak bisa mudik. Itu hanyalah alasan, karena jika berniat tentu pengaturan keuangan sudah dilakukan sejak jauh-jauh hari menjelang lebaran. Sebelumnya, ada beberapa pengeluaran yang sangat identik saat hari raya seperti:

1. Pengeluaran transportasi ketika harus mudik ke kampung halaman.
2. Pengeluaran belanja makanan persiapan ketika saudara datang seperti kue, minuman dan lainnya.
3. Pengeluaran zakat fitrah yang wajib.
4. Membeli pakaian baru.
5. THR untuk para pekerja seperti supir, baby sister, satpam sampai dengan tukang kebun.
6. Persiapan angpau untuk ponakan, orang tua dan lainnya.
7. Anggaran dana persiapan balik mudik sampai dengan menunggu gajian berikutnya.

Setiap hari raya pasti mendapatkan tunjangan hari raya, tetapi hal itu akan sama saja ketika pengeluaran yang banyak seperti diatas ditambah dengan kurangnya perencanaan keuangan dengan baik. Makanya supaya tidak mengalami kesalahan yang sama pada setiap tahunnya, Anda harus belajar dari pengalaman tersebut. Memang bukan hal yang aneh ketika lebaran semua pengeluaran membludak, tetapi dengan pengaturan serta pengontrolan yang baik kondisi finansial Anda juga tidak akan bermasalah. Beberapa orang mengatakan jika lebaran itu menjadi salah satu moment ajang unjuk gigi. Tanpa sadar kebiasaan itu sering sekali membuat orang lebih boros membeli segala sesuatu.

Supaya pengeluaran tetap lancar dan finansial setelah lebaran aman, Anda bisa melakukan beberapa tips mudah berikut ini:

1. Buat anggaran secara terperinci, mulai dari kebutuhan sampai dengan perlengkapan tambahan.
2. Selalu dahulu keuangan Anda untuk membayar beberapa dana yang sekiranya mendesak seperti bayar hutang ataupun yang lainnya.
3. Jangan hanya mengandalkan THR saja tetapi mulailah untuk menyisihkan pendapatan sebelum hari raya berlangsung, minimal 2 bulan sebelumnya.
4. Beli beberapa barang yang memang diperlukan terlebih dahulu, jangan terlalu fokus pada kebiasaan untuk prestice padahal keuangan tidak mencukupi.

Selain dari keempat hal diatas, lebih penting lagi adalah memberikan proteksi pada keuangan Anda sejak dini. Banyak sekali asuransi yang dapat memberikan kemudahan, apalagi perlindungan baik selama mudik. Seperti Astra Life yang hadir dengan beragam produk untuk memenuhi kebutuhan masyarakat secara luas. Ada program asuransi jiwa sebagai keselamatan, ada Siap Rencanaku yang baik untuk merencanakan keuangan dalam jangka pendek ataupun jangka panjang. Dengan begitu keuangan Anda akan lebih aman tanpa ada kendala meskipun menjelang hari raya.

Baca Juga : Inilah Gaya Hidup Sehat yang Harus Diterapkan untuk Anda Para Kawula Muda

Demikian sedikit ulasan mengenai cara tepat mempersiapkan keuangan menjelang hari raya sampai dengan setelah lebaran. Jangan anggap remeh, hal itu sering sekali menjadi salah satu moment pemborosan apalagi tanpa pengontrolan yang baik. Jadi dengan adanya proteksi atau perencanaan dengan baik, lebaran Anda lancar tanpa mengganggu keuangan masa depan setelah lebaran. Bagaimana, mudah bukan mengatur keuangan dari awal?

Click to comment