Type something and hit enter

ads here
On
Memiliki mobil merupakan sebuah hal yang digemari oleh sebagian kalangan di Indonesia untuk dijadikan barang koleksi antik dalam rumah mereka. Selain dikenal dengan bentuk artistik dari body mobil tersebut, mesin dari mobil kuno juga dikenal sangat handal dan memiliki daya kekuatan dan keawetan yang luar biasa. Meskipun dikenal memiliki performa yang handal namun tahukah Anda, bahwa untuk menjaga kehandalan dan performa dari mesin ini, Anda tetaplah harus melakukan perawatan yang ekstra teliti agar nantinya selain mesin dapat tetap berfungsi dengan baik, mobil pun dapat berjalan tanpa adanya kendala didalamnya. Bagi Anda para pemilik mobil tua berikut ini beberapa tips perawatan mesin mobil yang harus Anda perhatikan dengan baik. 

Hasil gambar untuk tips merawat mobil tua
 
Untuk dapat melakukan perawatan dengan baik pada mesin dari mobil kuno yang Anda miliki, hal pertama yang benar-benar harus Anda perhatikan adalah sistem penggantian oli mesin dari mobil tersebut, pastikan Anda secara rutin dan berkala melakukan penggantian oli mesin. Oli pada mesin sendiri berfungsi sebagai pelumas yang akan menjaga keseimbangan serta kinerja dari mesin tersebut, jika oli tidak Anda jaga kepekatannya maka kinerja dari mesin pun akan tidak lancar, karena pelumas yang digunakan tidak memenuhi standar penggunaan yang dipersyaratkan. Mengganti dan menjaga kepekatan dari oli mesin akan dapat membuat kinerja dari mesin tersebut menjadi lebih terjaga.

Hal lain yang perlu Anda perhatikan dalam melakukan perawatan pada mesin kendaraan tua yang Anda miliki, antara lain adalah:

  1. Rajin melakukan pemanasan pada mesin, dengan cara menghidupkan mesin selama beberapa saat meskipun mobil sedang tidak Anda gunakan.
  2. Bersihkan bagian mesin dengan menggunakan kuas ataupun lap bertekstur lembut, agar mesin tidak terkena tempelan debu yang menumpuk. Debu yang menumpuk pun dapat mengganggu kinerja dari mesin tersebut.
  3. Periksalah secara rutin bagian dari kabel-kabel yang secara langsung terhubung dengan mesin dan bagian lainnya yang ada pada bagian mesin tersebut, pastikan bahwa semua kabel berada pada posisi yang normal, tidak ada kabel yang terkelupas ataupun kerusakan lainnya, yang dapat menyebabkan gangguan ataupun konsleting.

Selain mesin, bagian part lain dari mobil kuno yang Anda miliki pun harus diberikan perawatan dengan tepat, agar nantinya keawetan dari semua bagian pada mobil dapat terjaga dengan baik. Body mobil serta bagian interior juga harus diperhatikan dengan baik, agar nantinya performa dan tampilan dari mobil kuno tersebut dapat terus terjaga teksturnya.

Menjaga kebersihan dari keseluruhan bagian pada mobil, dan tidak hanya terbatas pada mesin mobil, juga akan membantu Anda menjaga keawetan dari mobil vintage yang Anda miliki. Dengan ketelitian, kedisiplinan serta keuletan kita dalam menjaga berbagai bagian pada mobil kuno yang kita miliki, maka mobil lama dengan tampilan cemerlang pun akan mudah untuk kita dapatkan.

Click to comment