Type something and hit enter

ads here
On
Bagi para mahasiswa sistem keuangan merupakan hal yang memang sulit untuk diprediksi dan diatur sedemikian rupa, karena memang keterbatasan pemasukan utama yang mereka miliki. sistem keuangan mahasiswa yang hanya memiliki pemasukan utama dari kiriman orang tua inilah yang menjadi persoalan utama, sulitnya pengaturan keuangan dalam diri mereka. Hal tersebut akan menjadi lebih sulit jika terdapat kegiatan mendadak yang diselenggarakan oleh pihak kampus ataupun tugas-tugas yang membutuhkan berbagai peralatan yang harus dibeli. Oleh karenanya bagi Anda para mahasiswa sangat disarankan bagi Anda untuk membentuk dan mengatur sistem keuangan seketat mungkin, agar kiriman dari orang tua Anda dapat memenuhi plot anggaran kebutuhan pokok dalam diri Anda. 

Hasil gambar untuk menghemat uang
 
Jika Anda tengah menerima kiriman dari orang tua untuk satu bulan kedepan, alangkah baiknya jika Anda secara langsung menempatkan dana kiriman tersebut untuk memenuhi plot pembiayaan kebutuhan wajib dalam diri Anda, seperti membayar uang kuliah bulanan, uang kos dan menyingkirkan sebagian lagi untuk kebutuhan konsumsi makanan Anda setiap harinya selama satu bulan kedepan. Plot-plot pembiayaan wajib ataupun pokok tersebutlah yang harus Anda utamakan, serta Anda sisihkan, agar nantinya sistem keuangan dalam diri Anda tidak menjadi minus. Untuk kebutuhan pelaksanaan tugas kuliah, mungkin Anda dapat menempatkan dana cadangan setelah semua plot pembiayaan pokok dalam diri Anda terpenuhi.

Berikut ini beberapa alternatif solusi yang mungkin dapat Anda lakukan untuk dapat menyiasati sistem keuangan dalam diri Anda selama satu bulan kedepan sebagai seorang mahasiswa, yang antara lain adalah:

  1. Mencari pekerjaan sampingan disela-sela waktu luang yang Anda miliki, sehingga pendapatan tambahan pun dapat Anda peroleh. Sebagai seorang mahasiswa Anda dapat menawarkan jasa bimbingan belajar, ataupun menjalankan berbagai bisnis online.
  2. Mengurangi waktu nongkrong ataupun bermain dengan teman lainnya, karena hal tersebut justru akan dapat membuat sistem keuangan dalam diri Anda semakin buruk.
  3. Membagi kamar kost dengan teman kuliah lainnya, sehingga biaya yang menjadi beban Anda akan lebih ringan.

Jika dimungkinkan Anda pun dapat mengontrak sebuah rumah selama setahun dengan mengajak teman seangkatan Anda menyewa rumah tersebut secara patungan. Sistem ini dirasa akan lebih efektif untuk menghemat pembiayaan uang kos seorang mahasiswa. Dengan menyewa rumah ini selain Anda akan dapat menghemat biaya kos, juga memungkinkan Anda untuk dapat menghemat biaya konsumsi makanan, karena Anda dapat secara patungan bersama teman memasak sendiri makanan Anda.

Selalu terapkanlah pola-pola hidup hemat, agar nantinya sistem keuangan dalam diri Anda menjadi lebih baik. Jalankanlah usaha sampingan dengan sungguh-sungguh, agar nantinya dapat menambah penghasilan bagi sistem keuangan Anda, tentunya dengan catatan penting bahwa pekerjaan tersebut tidak akan mengganggu waktu utama Anda dalam menjalankan proses perkuliahan. Jadilah mahasiswa cerdas yang dapat memanfaatkan setiap peluang yang ada.

Click to comment